Download E-Book Perkembangan Integrasi Perencanaan Dari MRP Sampai ERP


Penulis : R.Eko Indrajit, R.Djokopratono
Total Halaman : 220
Bahasa : Indonesia

E-Book ini membahas mengenai :
1. Perencanaan Kebutuhan Independen
    a. Economic Order Quantity
    b. Persediaan Pengaman
    c. Formula Lain Dalam Sistem Permintaan Independent
2. Perencanaan Kebutuhan Dependen
    a. Materials Requirement Planning (MRP)
    b. Capacity Requirement Planning (CRP)
    c. Distribution Requirement Planning (DRP)
    d. Pengendalian Persediaan Tepat Waktu
3. Manufacturing Resource Planning (MRP II)
    a. Konsep Sistem MRP II
    b. Implementasi MRP II : 10 Langkah Menuju Sukses
    c. Pengukuran Kinerja Dalam Lingkungan MRP II
4. Enterprice Resource Planning (ERP)
    a. Konsep Sistem ERP
    b. Memaksimalkan Implementasi ERP
    c. Pengembangan ERP Lebih Lanjut
5. Teknologi Informasi Dalam ERP


Sesuai dengan tujuan buku ini, fokus isi buku adalah mengenai sistem ERP, baik sebagai sistem perencanaan maupun sebagai sistem informasi. Untuk memahami secara lebih mendalam mengenai ERP, maka perkenalan dimulai dari bentuk semula yaitu formula EOQ yang berevolusi menjadi sistem ERP dan bentuk selanjutnya. Berdasarkan hal tersebut, buku ini dibagi menjadi 5 bagian.
Bagian pertama membicarakan mengenai EOQ dan kelompok yang sejaman seperti economic order interval (EOT), runout  time (ROT),  aggregate runout time (AROT), dan persediaan pengaman. Ini semua menyangkut perhitungan perencanaan material yang permintaannya bebas (independen).
Bagian kedua membicarakan mengenai perencanaan material yang permintaannya tidak bebas atau terikat (dependen). Pembahasan dimulai dengan bentuk evolusi dari EOQ yaitu materials requirement planning (MRP) dan kemudian ’keluarganya’, seperti distribution requirement planning (DRP), dan capacity requirment planning (CRP).
Bagian ketiga membicarakan mengenai evolusi selanjutnya yaitu MRP menjadi manufacturing resource planning (MRP II). Termasuk dalam pembahasan ialah bagaimana langkah-langkah yang perlu ditempuh bagi perusahaan yang berkeinginan  mengimplementasikan sistem ini. Juga pembahasan dilengkapi dengan cara pengukuran  kinerja sistem ini.
Bagian keempat meneruskan pembicaraan mengenai evolusi ke ERP. Dalam bagian ini,
ERP terutama dilihat sebagai suatu sistem perencanaan yang integral sebagai  pengembangan dari sistem MRP II. Juga disinggung mengenai arah perkembangan selanjutnya dari ERP menjadi ERM. Bagian kelima membicarakan ERP lebih sebagai suatu sistem informasi integral yang mendukung perencanaan daripada suatu sistem perencanaan itu sendiri. Dalam bagian ini juga disinggung mengenai ERP sebagai suatu perangkat lunak yang dikembangkan oleh beberapa pembuat perangkat lunak.

Download E-Book : | Indowebster |
Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Kumpulan-kumpulan EBOOK

Balas
avatar

Thanks gan... sharingnya baguss bangets...

Balas

Recent Posts